Serunya Mendengar Aksen Kaili Bertutur Kata - berandaagung

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, Mei 03, 2018

Serunya Mendengar Aksen Kaili Bertutur Kata


Kailinese Accent (logat/aksen kaili) mungkin sangat jarang terdengar di telinga banyak orang. Kaili merupakan salah satu suku bangsa yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah, sebagian besar orang kaili mendiami daerah Ibukota Palu, Kabupaten Sigi, dan Donggala. Bahasa Kaili memiliki karakter serta keunikan tersendiri, salah satunya seperti huruf "V" yang diucapkan dengan penuh penekanan, sama halnya dalam bahasa Inggris (contoh: Very, Victorious, dan sebagainya), begitu pun dalam bahasa Kaili (contoh: Vau, Taveve, dan sebagainya)

Aksen bahasa Kaili sangat melekat dalam keseharian bertutur masyarakatnya, walaupun juga sebagian masyarakat di Kota Palu banyak yang tidak pandai berbahasa daerah. Meskipun demikian, aksen bahasa Kaili sangatlah memikat dengan intonasinya, namun padanan kata perkata bahasa Indonesia yang dituturkan mungkin terdengar asing karena terdapat kata-kata yang diserap secara tak baku sehingga berbeda dari Bahasa Indonesia aslinya. 

Tanpa panjang lebar menjelaskan, berikut ini salah satu contoh aksen Bahasa Kaili yang dituturkan seorang warga asli Palu ketika diwawancarai secara spontan oleh Media CNN terkait Berita Hiu Tutul yang terdampar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad